Rabu, 25 Juni 2008

SAHABAT DAN TEMAN.. A NEW FRIEND, A NEW WORLD TO CRY ON.


Dalam wikipedia Persahabatan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain. Selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.
Dalam perspektif saya pribadi, sahabat adalah seseorang yang lebih dari sekedar teman, tempat kita tanpa malu menunjukkan sisi terburuk dari diri kita dan adanya kebutuhan untuk bertemu. Lebih dari itu, sahabat adalah seseorang yang tidak membenarkan kita tapi memperbaiki kesalahan kita agar menjadi benar. Seseorang yang mau menerima apa adanya kita. Sahabat berbeda dengan teman karena tentunya ikatan emosi dengan sahabat mestilah lebih kuat. Sahabat juga bukan tempat untuk berbagi tawa saja tapi juga tempat untuk berbagi tangis dan masalah, ia harus mampu menampung semua itu karena jika ia hanya ada untuk kita di saat senang dan tawa belaka maka ia bukanlah sahabat tapi sekedar teman. Saya jadi ingat ucapan salah satu teacher di tempat kursus bahasa inggris saya. Teman memiliki banyak jenis. Ada forgetable friend dan unforgetable friend. Jenis yang pertama adalah orang-orang yang kita temui setiap hari tapi kita tidak memiliki emosi dengan mereka, teman yang biasa kita sapa saat bertemu di jalan tapi kita juga tak merasa kehilangan saat tidak bertemu dengannya, contohnya rekan sekerja, rekan bisnis, teman satu sekolah. Klasifikasi yang kedua adalah tipe teman yang membuat kita kehilangan saat beberapa hari tidak melihatnya, orang yang pertama kali ingin kita temui saat kita sedih ataupun gembira. Jenis yang kedua ini terbagi lagi menjadi 2, yaitu teman dan sahabat. Letak perbedaan teman dan sahabat adalah seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.
Berbicara tentang sahabat, saya bukan tipe seseorang yang gampang menjadikan seseorang sebagai sahabat saya, bisa jadi saya dekat dengannya, namun perlu nilai lain yang membuat saya layak menjadikan seseorang sebagai sahabat atau bukan yaitu "kepercayaan". Mampukah dia menjaga kepercayaan yang kita berikan.Saya ini orang yang rumit jadi tidak banyak orang yang menjadi sahabat orang serumit saya. Dulu sekali saat masih kuliah S1 di UNSRI Palembang saya pernah memiliki seorang sahabat, namanya Erda. Sampai sekarangpun dia masih sahabat terbaik saya namun karena jarak yang memisahkan kami jadi kerinduan saya padanya hanya bisa lewat sms atau telfon. Hingga sekarang saya telah bertemu dengan banyak orang namun tetap tak ada yang bisa menggantikan ketulusannya sebagai sahabat saya. Saya ingat betapa dulu dia bersedia membela saya ketika saya ada masalah, bagaimana dia menangis mendengar cerita saya sementara setitik pun air mata tak keluar di mata saya dan betapa dia berusaha menghibur saya. Dua hari kami melarikan diri dari penatnya Indralaya ke Palembang, bicara ngalor ngidul, jalan-jalan ke semua mall tanpa ada yang dibeli dan berakhir dengan makan es krim. Dan setelahnya saya benar-benar sembuh. Dia adalah sahabat yang bersahaja dan saya berdoa semoga dia mendapatkan kebahagiaan di hidupnya. Akhir-akhir ini dengan penelitian yang membuat pusing dan masalah-masalah yang membumbuinya saya kembali merindukan dia, teringat bagaimana kami menghabiskan hari bersama, menangis dan tertawa bersama. namun akhir-akhir ini sulit menghubunginya. Mungkin kerinduan ini bisa tersampaikan padanya lewat sekedar kata-kata di blog ini. I miss U buddy...

Tidak ada komentar: